Senin, 20 Juni 2016

8 Tips Amankan Kendaraan Saat Di Kampus


Baru-baru ini kasus pencurian motor terus meningkat, tak terkecuali di kampus Universitas Lampung. Terlebih saat bulan ramadhan saat ini. Dalam kurun waktu satu minggu, sekitar 5 motor dikabarkan lenyap dibawa kabur maling. Dari kelima motor tersebut, 3 diantaranya adalah milik mahasiswa Fakultas Pertanian. Sudah menjadi rahasia umum sebenarnya ketika ramadhan atau menjelang idul fitri akan banyak sekali kasus-kasu serupa yang terjadi.

Namun, hal demikian tidak boleh terus-terusan dibiarkan. Selain petugas keamanan harus semakin ketat, pihak yang memiliki kendaraan pun juga harus lebih berwaspada. Ada beberapa tips yang akan kami bagikan untuk meminimalisir kejadian tersebut terulang kembali.

1. Pastikan kita membawa kendaraan bermotor
Sebelum masu ke tips-tips berikutnya, tips pertama ini haruslah yang paling anda ingat terlebih dahulu. Ketika anda tidak membawa kendaraan maka tips-tips berikutnya tidak akan berarti bagi anda kecuali anda membagikannya ke rekan-rekan anda.

2. Parkirkan motor anda di tempat yang aman
Tips yang kedua pastikan anda parkir di tempat yang aman, seperti di tempat parkir yag telah disediakan. Namun di beberapa kasus, masih ada juga pencurian yang terjadi di tempat yang ada satpamnya. Salah satu tempat yang menurut kami lumayan aman yaitu parkir di depan balai bahasa, dimana saat parkir disana maka akan diperiksa kelengkapan kendaraan bermotor yang anda bawa. Dan hal tersebut pastinya membuat down mental pencuri.

3.  Pastikan anda telah mencabut kunci motor saat parkir
Hal sepele ini kadang yang membuat para pencuri semakin girang, kunci motor yang masih menggantung di motor biasanya tanpa pikir panjang langsung dimanfaatkan oleh pencuri, dan mereka pastinya akan lebih leluasa membawa kabr motor anda. Maka luangkanlah waktu yang kurang dari satu menit untuk mengecek kembali hal tersebut saat hendak meninggalkan motor anda di tempat parkir.

4. Tambahkan kunci keamanan ganda
Tips ini dirasa cukup efektif ketika anda telah mengikuti tips sebelumnya. Keamanan ganda pada kendaraan akan membuat anda lebih tenang saat meninggalkannya di tempat parkir.

5. Jangan mebiarkan motor di tempat parkir ketika sudah lewat jam parkir
Kebiasaan dari mahasiswa yang disebut-sebut "aktivis", yang katanya kalau pulang dari kampus malam hari, sering sekali melakukan hal ini. Kebiasaan meninggalkan motor di tempat parkir setelah lewat dari jam parkir  solah susah untuk diubah. Padahal sudah sering sekali terjadi kasus pencurian yang terjadi.

6. Kurangi perhatian para pencuri motor
 Motor yang bagus, parkir di tempat yang sepi, dan kunci keamanan yang kurang adalah sasaran empuk para penjahat kelas teri ini. Oleh sebab itu ketika ana membawa kendaraan yang mewah, usahakan mngikuti tips-tips diatas. Atau jika anda ingin meminimalisir kejadian yang tidak diinginkan, maka bawalah kendaraan yang kurang menarik perhatian pencuri.

7. Jangan sepelekan kendaran anda
Penting juga untuk diingat, "jangan sepelekan kendaraan anda" karena pencuri sekarang tak pandang buluh, kalau kata pepatah "tak ada barang mewah, barang jelek juga tak apah". Oleh karena itu, walaupun pada tips sebelumnya sudah kami jelaskan untuk menggunakan kendaraan yang kurang menarik perhatian pencuri, tapi bukan berarti anda membiarkannya begitu saja.

8. Jangan membawa kendaraan bermotor
Jika setelah mengikuti tips-tips diatas anda masih ragu untuk membawa motor anda ke kampus, maka berangkatlah dengan kendaraan umum atau jika ingin sehat, berangkatlah dengan berjalan kaki.

Demikian tips-tips yang dapat kami bagikan, semoga bermanfaat dan dapat meminimalisir terjadinya kejahatan yang serupa.
Mohon maaf apabila ada kesalahan dalam penulisan, dan kami ucapkan selamat menunaikan ibadah puasa.
 

Tidak ada komentar:
Write komentar