Selasa, 03 Oktober 2017

7 Tips Sukses Menjadi Mahasiswa, Coba Aja Kalo Gak Percaya

Hey Kamu...
Iya kamu yang udah jadi mahasiswa sekarang :D

Ada tips bagus nih buat kamu yang sekarang menyandang gekar mahasiswa. Siapa sih yang gak pengen sukses jadi mahasiswa? Tentu semua pasti pengen sukses dong. Mimin kasih tau nih tipsnya, jangan lupa dilaksanain, jangan cuman dibaca aja :) hihihi
Oke, langsung aja sob cek di bawah.

1. Petakan Cita-Citamu dan Buat Target Capaian


Mengejar cita cita bisa jadi salah satu tujuan kenapa kuliah kita. Awal masa perkuliahan merupakan titik awal yang sangat menentukan masa depan kuliahmu. Memetakan cita-cita dan buat targetan pencapaian adalah hal yang sangat penting sebagai awal kesuksesan kamu di universitas. Oiya, jangan lupa letakkan targetanmu di tempat yang bisa kamu lihat setiap harinya. Dan satu lagi, centang setiap targetan cita-cita yang sudah kamu capai.

2. Targetkan IP Kamu Sejak Awal

Sebagai mahasiswa baru, mungkin kamu belum mengenal yang namanya IP. IP atau Indeks Prestasi adalah hasil capaian akademik kamu selama satu semester. Adapun istilah IPK atau Indeks Prestasi Kumulatif merupakan gabungan dari IP setiap semester. Sebagai mahasiswa baru, menargetkan IP sejak awal akan sangat membantu kamu menjadi mahasiswa yang hebat. Atau  boleh juga kamu tuliskan targetan IP di targetan cita-citamu. Itung-itung biar gak ribet :D

3. Kurangi Kebiasaan Begadang

Nah, ini yang biasanya sangat sulit di hindari mahasiswa baru. Biasanya banyak mahasiswa terpaksa untuk begadang demi tugas ataupun laporan. Padahal begadang sangatlah buruk untuk kondisi tubuh saat perkuliahan. Sebaiknya minimalkan waktu begadang kamu, caranya dengan mulai mengatur waktu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin. Kurangi kegitan-kegitan yang un-faedah, hehe.

4. Temukan Cara Belajar Yang Paling Asik

Ini juga merupakan kunci kesuksesan buat kamu di dunia kampus. Setiap orang memang memiliki banyak cara belajar efektif yang berbeda beda. Ada yang suka belajar disore hari, ada juga yang suka belajar di malam hari bahkan di saat setelah subuh atau sebelum subuh. Eksplorasilah terus cara belajar kamu, coba semua gaya belajar yang kamu tau, sampai kamu menemukan cara belajar yang paling baik buat kamu. Jika sudah, gunakan terus gaya belajar itu, dan sukseslah menjadi mahasiswa.

5. Pandai Memilih Teman Baru

Memilih teman juga merupakan kunci keberhasilan kamu dikampus. Memilih teman, berarti kamu memilih masa depan kamu. Seperti yang disamapaikan dalam Hadist Bukhori dan Muslim, "Permisalan teman yang baik dan teman yang jelek seperti (berteman) dengan pembawa minyak wangi dan tukang pandai besi. Dan adapun (berteman) dengan pembawa minyak wangi kemungkinan dia akan memberimu, kemungkinan engkau membelinya, atau kemungkinan engkau mencium bau yang harum. Dan (berteman) dengan tukang pandai besi kemungkinan dia akan membakar pakaianmu atau engkau mendapatkan bau yang tidak enak." 

Nah, maka dari itu pilihlah teman baru yang baik, berkualitas dan yang bisa memngajakmu kedalam kebaikan, karena itu sedikit banyak akan sangat mempengaruhi pribadi kamu. sekali lagi, memilih teman, berarti memilih masa depan.

6. Pandai-Pandai memilih Organisasi

Bagi mahasiswa baru pasti sangat tertarik dengan berbagai organisasi yang ada di kampus. Organisasi di perkuliahan terbagi menjadi dua, yaitu organisasi mahasiswa internal kampus dan eksternal kampus. Organisasi mahasiswa internal seperti, Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), Himpunan Mahasiwa Jurusan(HMJ), dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM). Sedangkan, organisasi mahasiswa eksternal adalah organisasi yang berada di luar kampus seperti komunitas hobi.

Yang perlu kamu perhatikan dalam memilih organisasi adalah waktu, visi dan misi, dan kesiapan diri kamu. Selain itu, pilihlah organisasi yang bukan hanya sekedar untuk berhura-hura. Cari organisasi yang bisa "sekali mengayuh dayung, dua tiga pulau terlampaui" hehe, intinya organisasi yang bisa menambah kapasitas diri, softskill, nambah temen, plus yang berpahala pastinya.

7. Santai tapi Pasti

Take it slow, sob. Adaptasi di lingkungan baru emang butuh proses. Ada yang butuh sehari atau  setahun buat melakukannya. Seiring berjalannya waktu kamu bakal mengenal semua perubahan dalam hidupmu. Engga perlu terburu-buru. Cukup nikmati dan jalani dengan santai tapi pasti.

Terakhir kamu harus juga harus sadar ya kalo pergaulan di dunia kampus itu jauh berbeda dari fase kehidupan sebelumnya. Kamu perlu terus bersiap dan fleksibel menghadapi perubahan yang ada tapi tetap dalam koridor yang baik. Good luck buat hari-hari awal di dunia kampus.

---------------------------------------------------------------------
Sekian ya tips dari mimin, semoga bermanfaat buat kalian semua :)

Tidak ada komentar:
Write komentar